Kampung Tahunan

0 komentar

Kampung tahunan yang terletak di kelurahan Tahunan Umbulharjo telah ditetapkan sebagai Kampung wisata. Dengan keragaman seni dan budaya yang ditonjolkan kampung tahunan mencoba untuk maksimalkan potensi tersebut untuk menarik kunjungan wisata.Keberadaan kampung wisata tahunan pada dasarnya telah dirintis sejak tahun 
2001 yang lalu, banyak potensi yang yang dikembangkan untuk pertumbuhan ekonomi kreatif. Dari kampung inilah lahir  maestro karawitan dan batik jumput. Bukan tidak mungkin keberadanan karawitan ini serta batik jumput yang semakin langka tersebut jika dikembangkan akan menjadi potensi yang luar biasa selain menjadi pembuka peluang kerja bagi kampung itu sendiri. Dengan demikian perekonomian warga akansemakin membaik dari sektor tersebut. Batik jumput sendiri merupakan karya batik paling kuno yakni dengan teknik pembuatannya dengan mempergunakan ikat dan celup.
Selain potensi seni tersebut kampung wisata tahuan juga mempunyai dua destinasi yang bisa menjadi potensi wisata yakni dengan adanya 2 makam nasional yakni makam Wijayabrata dan taman makam Pahlawan Kusumanegara. Makam wijayabrata merupakan makam seorang tokoh nasional yang merupakan tokoh pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara sedangkan taman makam Pahlawan Kusumanegara banyak tokoh tokoh nasional maupun lokal yang merupakan pejuang kemerdekaan RI.
Selain itu kampung wisata tahunan juga mempunyai Pendapa cokro warsitan. Tempat ini menjadi pusat kegiatan karawitan dimana tempat ini menjadi napak tilas bagi sang maestro Karawitan yang lahir di tahunan. Beberapa kegiatan mingguan digelar ditempat ini yakni berupa latihan seni kethoprak dan karawitan bagi anak anak di balai RK Celeban.
Dalam rangka ulang tahun kota yogyakarta yang beberapa lalu diperingati dari kampung wisata ini menyajikan karnaval seni dan budaya yang berupa arakan batik jumput, kethoprak tri upoyo, reog panji budoyo, gejog lesung dan pawai becak hias. Dan karnaval ini kampung tahunan mewujudkan bentuk segoro Amarto yakni semangat Gotong royong agawe majune Ngayogyokarto (Semangat Gotong royong untuk membuat kemjuan bagi kota Yogyakarta.
How to get there :
  1. Dengan menggunakan trans Jogja jalur turun di halte kusumanegara
  2. Dengan bus kota jalur turun di taman makam Pahlawan Kusumanegara anda tinggal menyusuri jalan kampung yang menjadi bagian kampung wisata tahunan
  3. Dengan Taksi atau becak
  4. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.
Tempat terdekat
  1. Kebun binatang Gembiraloka
  2. Puro Pakualaman
  3. Situs Warungboto
Hotel terdekat : Yogya Kembali Hotel, Whiz Hotel
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pesona Wisata Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger